BNI Kembangkan Layanan Bank Sampah

BNI mengimplementasikan prinsip keuangan berkelanjutan, salah satunya dengan meluncurkan program menabung dengan sampah atau bank sampah.
Farodilah Muqoddam | 21 Februari 2019 17:52 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. mengimplementasikan prinsip keuangan berkelanjutan, salah satunya dengan meluncurkan program menabung dengan sampah atau bank sampah.

Program tersebut diselenggarakan oleh BNI, bekerja sama dengan sejumlah bank sampah. Dalam merealisasikan gerakan tersebut, BNI melibatkan para Agen BNI46 di beberapa wilayah.

Direktur Kepatuhan BNI Endang Hidayatullah mengatakan bahwa gerakan menabung dengan sampah merupakan kolaborasi antara kegiatan berbasis kepedulian terhadap lingkungan dan kegiatan literasi serta inklusi keuangan. Nasabah dapat mengumpulkan sampah yang akan dihargai dengan

“Kami membentuk Agen46 yang khusus menerima tabungan dari nasabahnya dalam bentuk sampah. Budaya menabung dengan sampah ini memperkuat budaya hidup bersih dan sekaligus mempercepat literasi keuangan di kalangan masyarakat,” ujarnya, Kamis (21/2/2019).

Endang menuturkan bahwa BNI mencatat pertumbuhan jumlah rekening yang dibuka di Bank Sampah Induk Satu Hati, tonase sampah yang disetorkan, dan omzet yang signifikan. Jumlah rekening yang dibuka melalui Bank Sampah Induk Satu Hati tumbuh 626% year on year (YoY) dari 4.622 rekening pada 2017 menjadi 33.578 rekening pada tahun 2018. Tonasenya juga tumbuh dari 395 ton pada  2017 menjadi 1.457 ton pada 2018 atau meningkat 269% secara YoY.

Tag : bni
Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top