Peduli Kemanusiaan, IM2 Gandeng PMI Gelar Donor Darah Rutin

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Mega Media (IM2) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan rutin donor darah. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai aksi peduli kemanusiaan terutama bagi yang membutuhkan.
Peduli Kemanusiaan, IM2 Gandeng PMI Gelar Donor Darah Rutin Newswire | 07 Januari 2019 20:28 WIB
Peduli Kemanusiaan, IM2 Gandeng PMI Gelar Donor Darah Rutin
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Mega Media (IM2) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan rutin donor darah. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai aksi peduli kemanusiaan terutama bagi yang membutuhkan.

Hasil donor darah itu akan disumbangkan kepada stok darah di PMI.
"Ini bagian solidaritas kami kepada sesama dengan menyumbangkan hasil kegiatan donor darah ini ke PMI," kata Syachrial Syarif Corporate Secretary IM2, Senin (7/1).

Kegiatan donor darah itu dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB di ruang iForesee Gedung Graffiti. Peserta yang terdaftar dan berminat mengikuti donor darah mencapai 67 karyawan, namun setelah melalui proses pemeriksaan tekanan darah dan Hemoglobin (HB), hanya 56 orang peserta yang lolos untuk melakukan donor.

Kegiatan ini menghasilkan 20 kantong golongan darah A, 11 kantong golongan darah B, 2 kantong golongan darah AB dan 23 kantong golongan darah O.

“Donor darah sangat bagus bagi tubuh kita. Selain menyehatkan, donor darah juga membantu saudara kita yang membutuhkan,” ujar penanggung jawab dari PMI, Iwa.

Jumlah peserta yang mendaftar dalam donor darah jelang tutup tahun kemarin jauh lebih banyak dari yang sebelumnya. Walaupun begitu, banyak juga yang ditolak karena tidak memenuhi persyaratan.

Sebagian besar peserta tersebut ditolak karena alasan tingkat Hemoglobin (HB) yang tinggi. Kadar HB yang tinggi biasanya disebakan karena kurangnya istirahat, terlalu banyak memakan makanan yang mengandung santan, dan kurang mengkonsumsi air putih mineral.

Manfaat dari mendonorkan darah secara teratur, selain membantu sesama juga dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak.

Sebab jika negatif dari segala jenis penyakit, maka dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
csr

Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top