Iluni FHUI Perkenalkan Sistem OSS ke UMKM

Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia memberikan penyuluhan terkait perizinan Online Single Submission (OSS) terhadap puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.
Rayful Mudassir | 15 Desember 2018 23:00 WIB
Online Single Submission dapat diakses di laman http://oss.ekon.go.id/web - .

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia memberikan penyuluhan terkait perizinan Online Single Submission (OSS) terhadap puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.

Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) Ashoya Ratam mengatakan program ini untuk memberi pemahaman kepada pelaku UMKM memahami secara komprehensif hal-hal terkait hukum dan perizinan, khususnya OSS.

"Hal ini dikarenakan ke depan, seluruh perizinan akan terintegrasi melalui OSS. Dengan kesadaran untuk mengurus legalitas usahanya, diharapkan UMKM akan terlindungi secara hukum,” katanya melalui siaran resmi, Sabtu (15/12/2018).

Dia mengatakan pebisnis yang hendak mengajukan perizinan, terlebih dahulu harus memiliki bentuk badan usaha yang didirikan dengan akta Notaris dan didaftarkan melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) Kementerian Hukum dan HAM.

Selanjutnya, badan usaha tersebut mengurus perizinan melalui OSS dan akan memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB memiliki fungsi sebagaiSurat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan Akses Kepabeanan.

Di akhir kegiatan, peserta diberikan waktu berkonsultasi dengan para notaris yang merupakan alumni FHUI. Mereka turut membantu proses pendaftaran OSS sampai memperoleh NIB.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top