DailySocial.id Luncurkan Prediksi Tren Startup Teknologi Indonesia di Tahun 2016

Jakarta, 15 Maret 2016 Memiliki 83.600.000 penduduk sebagai pengguna internet dimana 85% penggunaannya melalui mobile, membuat bisnis rintisan (startup) di bidang teknologi di Indonesia merupakan salah satu sektor yang semakin diminati dan terus berkembang dengan cepat.
MediaDigital | 15 Maret 2016 16:24 WIB

Jakarta, 15 Maret 2016 – Memiliki 83.600.000 penduduk sebagai pengguna internet dimana 85% penggunaannya melalui mobile, membuat bisnis rintisan (startup) di bidang teknologi di Indonesia merupakan salah satu sektor yang semakin diminati dan terus berkembang dengan cepat. Perkembangan itu juga dikuti dengan semakin bermunculannya investor baik venture capital maupun angel investor untuk mendorong ekspansi bisnis startup. Selain menjalankan fungsi sebagai media,DailySocial.id, juga merupakan hub di bidang bisnis teknologi yang memiliki komitmen untuk membantu startup teknologi mengembangkan bisnisnya baik dari sisi modal, regulasi, infrastruktur ataupun talenta. Hal ini yang mendorong DailySocial.id mengeluarkan “Indonesia Startup Report 2015” yang juga berisikan prediksi tren startup teknologi di 2016

Rama Mamuaya, Founder dan CEO dari DailySocial.id menjelaskan, “Startup teknologi di Indonesia bertumbuh dengan cepat. DailySocial.id kebetulan dikenal sebagai media yang memiliki salah satu fokus di bisnis teknologi, yang menjadikan kami dapat menjalin hubungan baik dengan startup-startup teknologi di Indonesia. Berfungsi sebagai jembatan, kami memfasilitasi mereka untuk berdiskusi terkait perencanaan bisnis, investasi, talent, dan lainnya. Berada dalam lingkungan tersebut memberikan gambaran kepada kami terkait landscape startup di Indonesia dan prediksi kedepannya, tentunya diiringi dengan penelitian lebih lanjut.”

Berada dibawah naungan Merah Putih Incubator yang merupakan salah satu anak perusahaan GDP Venture, Indonesia Startup Report 2015 yang dirilis DailySocial.id memperlihatkan bahwa Indonesia kerap dikatakan sebagai negara acuan dalam bidang e-commerce setelah Cina dan India, terlihat dari prediksi pertumbuhan penjualan pada 2016, Indonesia tumbuh sebesar 22% sementara India hanya 0,24% dan 0,15% secara global. Hal ini juga menjadikan e-commerce menjadi salah satu sektor yang masih diminati sebanyak 13% investor dalam berinvestasi di tahun 2016. Selain itu, bidang yang menjadi daya tarik bagi konsumen maupun investor seperti kehadiran layanan On Demand juga FinTech akan menjadi sektor yang semakin bertumbuh di 2016 dengan masing-masing porsi investasi diperkirakan sebesar 38% dan 11%.

E-commerce, On Demand service, dan FinTech masih memliki daya tarik yang cukup besar di tahun 2016. Dengan perkembangan mobile dan mulai berubahnya gaya hidup masyarakat ke digital, ketiga sektor tersebut akan semakin mempermudah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.  Seperti misalnya layanan On Demand kini tidak hanya terbatas pada jasa delivery makanan maupun transportasi, tetapi ada juga layanan asisten pribadi virtual. FinTech juga salah satu sektor yang berkembang secara cepat, dengan kondisi masyarakat Indonesia yang hanya 19% yang terjamah produk keuangan modern, FinTech ingin menjangkau masyarakat yang belum terjamah tersebut agar lebih mengenal dan kemudian menggunakan produk keuangan modern.”

Tidak hanya melakukan survei, DailySocial.id juga meluncurkan DS10, sebuah apresiasi untuk 10 startup, 10 pemain startup dan 5 Top Investor yang memiliki kontribusi signifikan pada bisnis teknologi Indonesia yakni: BerryKitchen, BrideStory, CekAja, Diana, Fabelio, Go-Jek, IDNTimes, Kudo, Qraved dan YesBoss. Sementara untuk 10 pemain startup; Adrian Li, Managing Partner Convergence Ventures, Affi Assegaf Co-Founder Female Daily Network, Ben Soebiakto, Co-Founder Fimela Network, Cynthia Tenggara, CEO BerryKitchen, Diajeng Lestari, CEO & Founder HijUp.com, Irzan Raditya, CEO & Founder YesBoss, Nadiem Makarim, CEO Go-Jek, Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Ryu Kawano, CEO Veritrans Indonesia dan Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures. Untuk 5 Top Investor di 2015 adalah Convergence Ventures, East Ventures, IdeoSource, SMDV, dan Venturra.

Untuk membahas lebih luas terkait dengan startup, UKM, dan perusahaan di bidang teknologi di Indonesia, DailySocial.id bekerjasama dengan e27.co akan melaksanakan Echelon Indonesia 2016, konferensi global untuk pasar Indonesia yang mengangkat tema “Empowering through Innovation” yang akan dilaksanakan di Balai Kartini, 5 – 6 April 2016. Pembicara-pembicara kelas kakap juga akan hadir, sebut saja Rudiantara (Kemenkominfo), Patrick Walujo (Northstar Group), John Riady (Lippo Group), Stephanie Yoe (Miss Universe JKT 2015 & startup enthusiast) dan banyak lainnya. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di http://e27.co/echelon/indonesia/

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
daily social

Sumber : Marketing Digital
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top