Inilah Rahasia UNKL347 Bertahan 17 Tahun

Bisnis.com, JAKARTA- Tidak banyak merek pakaian lokal yang mampu bertahan lama di tengah menjamurnya masyarakat yang terjun dalam bisnis ini. Menjamurnya merek pakaian lokal membuat persaingan pada sektor usaha ini semakin sengit. Namun, salah satu
Rio Sandy Pradana | 13 September 2013 18:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA- Tidak banyak merek pakaian lokal yang mampu bertahan lama di tengah menjamurnya masyarakat yang terjun dalam bisnis ini. 

Menjamurnya merek pakaian lokal membuat persaingan pada sektor usaha ini semakin sengit. Namun, salah satu merek pakaian lokal asal Bandung, UNKL347, nyatanya bisa bertahan selama 17 tahun. 

Kepala Promosi UNKL347 Eddi Brokoli mengungkapkan beberapa rahasia perusahaan dalam mempertahankan bisnis pakaiannya. 

"Yang terpenting adalah movement dan engagement. Kedua hal ini ibarat kompor yang tidak pernah padam," kata Eddi dalam acara Creative Leap yang diadakan oleh Bisnis Indonesia dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I). 

Dia menjelaskan pertama, movement, tersebut dilakukan dengan membuat inovasi secara aktif dan berkelanjutan. Desain-desain yang dihasilkan harus terlihat berbeda dengan yan lain. 

Bahkan, UNKL347 pernah membuat 100 desain dalam waktu sebulan. Ini dilakukan untuk menjaga kepuasan pelanggan agar tidak bosan. 

Kedua, lanjutnya, adalah membangun keterikatan. Sebagai salah satu merek pakaian yang berdomisili di kota yang banyak mempunyai komunitas membuat UNKL347 ini mudah membangun jaringan. 

Jaringan yang dibangun misalnya dengan komunitas peselancar, penikmat interior, dan skaters. Namun, engagement ini membutuhkan penguatan konten. 

"Tanpa ada konten yang berkualitas, masyarakat tidak akan tertarik," ujarnya. (ltc) 

Tag : tips bisnis, unkl, eddi brokoli
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top