Kamis, 23 Oktober 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Solusi Berasuransi Melalui Broker & Konsultan Asuransi

Iriawan Ed   -   Senin, 25 Februari 2013, 13:13 WIB

BERITA TERKAIT

Pernahkah Anda membayangkan apabila pabrik atau kantor yang anda bangun dengan susah payah suatu ketika terbakar? Bisa dibayangkan total kerugian yang harus Anda tanggung. Belum lagi sebagai pimpinan perusahaan tentunya Anda harus menanggung beberapa karyawan yang terkena luka bakar dan membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Mungkin malas membayangkannya, namun harus Anda sadari kenyataan seperti itu bisa menghampiri. Disinilah kita memerlukan dukungan finansial yang bisa mengatasi masalah keuangan tanpa mengganggu dana cadangan/tabungan yang sedianya kita sediakan untuk perencanaan lain, dan itu bisa diatasi dengan berasuransi.

Melalui solusi ini, maka memungkinkan ketika musibah diatas terjadi, Anda dengan seketika dapat memfasilitasi para karyawan untuk mendapatkan perawatan yang layak tanpa harus dipusingkan oleh biaya. Tidak lupa juga, Anda bisa langsung mengajukan klaim kebakaran untuk mendapatkan ganti rugi atas pabrik atau aset lain yang terbakar.

Dengan melihat pentingnya manfaat Asuransi tersebut, maka diperlukan kejelian dalam membeli suatu polis asuransi yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan program asuransi yang ditawarkan.

Misalnya jangan asal memilih premi asuransi yang murah. Namun ketika terjadi klaim banyak terjadi pembatasan manfaat yang berimbas manfaat/ganti rugi yang diterima tidak setimpal dengan nilai kerugian yang diderita. Selain itu ada beberapa faktor lain yang harus menjadi pertimbangan dalam proses memilih perusahaan asuransi. Baik itu asuransi kerugian, asuransi kesehatan, maupun asuransi jiwa.

Misalnya saja kekuatan keuangan perusahaan asuransi (security). Kekuatan keuangan asuransi menyangkut kemampuan keuangan perusahaan tersebut untuk memenuhi janjinya jika terjadi klaim.

Selanjutnya adalah jasa pelayanan (service). Hal ini merupakan gambaran sejauh mana sumber daya manusia diperusahaan tersebut berkualitas atau tidak, terutama saat terjadi klaim. Perlu diperhatikan disini, apa klaim dari nasabah itu dapat direspon dengan baik atau malah jadi menyulitkan.

Peran dan Manfaat Broker Asuransi

Sejalan dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk berasuransi (insurance mindedness), semakin pesat pula pertumbuhan industri asuransi di Indonesia, terutama sejak lima tahun terakhir. Berbagai program dikemas sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Tapi apakah perusahaan asuransi tersebut aman dan baik bagi kita? Nah, inilah yang membuat kita bingung dan sedikit ragu ketika memilihnya. Apakah konsumen akan memilih penyedia atau perusahaan asuransi yang terbaik, atau memilih asuransi dengan program terbaik yang kita perlukan.

Dengan melihat kebutuhan masyarakat awam untuk mengenal lebih jauh tentang industri asuransi, maka Pemerintah merasa perlu untuk membentuk Pialang Asuransi melalui peraturan yaitu Undang-undang Asuransi No. 2 tahun 1992, dengan tujuan melindungi kepentingan masyarakat luas.

Pialang Asuransi atau umum dikenal dengan nama Broker Asuransi adalah suatu badan hukum yang dibentuk dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan suatu badan yang dapat membantu mereka dalam membeli produk asuransi dan mendampingi pada saat terjadi klaim. Dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman dalam mengangani Asuransi, Broker akan membantu nasabah/tertanggung dalam mengkondisikan luas jaminan (insurance coverage).

Dengan melihat kebutuhan pasar akan adanya tenaga ahli untuk pengelolaan asuransi, pada tahun 1998 dibentuklah PT. Sentana Mitra Kualita sebagai konsultan dan agen asuransi yang kemudian pada tahun 2000 akte pendirian perusahaan diperluas menjadi Pialang dan Konsultan Asuransi.

Sesuai dengan visi dan misi perusahaan, PT. Sentana hadir sebagai “mitra usaha” yang berkualitas baik bagi nasabah maupun bagi perusahaan asuransi sebagai penanggung resiko.

Dengan dikelola oleh orang orang yang telah memiliki pengalaman dalam pengelolaan asuransi, PT. Sentana berusaha maksimal dalam memberikan kemampuan terbaiknya (DO THE BEST) untuk dapat menjadi mitra bagi para nasabah guna mendapatkan program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, terutama dalam hal pendampingan penyelesaian klaim.

Selama lebih kurang 14 tahun sejak berdirinya, PT. Sentana telah memiliki jaringan kerjasama kemitraan yang luas dengan berbagai perusahaan asuransi baik kerugian, jiwa, maupun kesehatan dan telah berkembang pesat dengan ditandai oleh terus bertambahnya jumlah nasabah (klien) dan telah memperoleh berbagai apresiasi/penghargaan sebagai mitra yang berkualitas, baik dari perusahaan asuransi maupun nasabah (klien). (ADV)


Source : Digital Marketing

Editor : Other

Ikuti berita Bisnis.com melalui smartphone Android dengan aplikasi Android Apps Bisnis.com. Download di Google Play!
 
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

 

POPULER